Resep Nasi Jamaika dan Kacang Polong Kalisa Martin

Nenek dari pihak ibu saya adalah ibu pemimpin keluarga dalam segala hal. Tumbuh di pedesaan Jamaika sebagai anak tertua dari 12 bersaudara, dia selalu menjaga orang lain. Dia tidak hanya mulai bekerja sekitar usia 12 tahun untuk membantu menghidupi keluarga, dia juga memasak untuk saudara-saudaranya setiap hari. Dan setelah berimigrasi ke Amerika pada tahun 1969, dia membuka jalan bagi yang lain untuk datang juga. Melihat-lihat keluarga besar saya, kami semua mengakui bahwa kerja keras dan pengorbanannya adalah alasan kami semua ada di sini.

Sebagai seorang anak, ketika teman-teman saya akan berbicara tentang makan malam liburan dengan keluarga dekat mereka atau bahkan bisa duduk di sebuah meja dengan keluarga besar mereka untuk Natal, saya benar-benar tidak bisa berhubungan. Liburan bagi kami berarti rumah itu penuh dengan orang. Setiap ruangan dipenuhi dengan tawa dan makanan—tidak ada upaya untuk menampung barang-barang hanya di dapur dan ruang makan. Bayangkan: nenek saya, anak-anaknya, anak-anaknya, ditambah adik-adiknya dan suku mereka juga, semua duduk di kursi makan, bangku counter, sofa, kursi lipat, atau benar-benar di mana saja kita bisa mendapatkan tempat untuk makan kita yang melimpah. piring makanan. Seiring berjalannya waktu, orang penting baru, bayi baru, dan bahkan teman baru di kota ditambahkan ke dalam campuran. Sekali untuk Natal, hanya untuk bersenang-senang, saya menghitung dan mendapatkan 70 orang (!) sebelum saya menyerah penghitungannya.

Nenek saya, tentu saja, adalah tuan rumah asli untuk pertemuan-pertemuan ini. Kecintaannya pada makanan—dan lebih tepatnya, memberi makan orang—tak tertandingi. Meskipun dia tidak memasak sebanyak itu lagi, dia tetap, dalam pikiran saya, juru masak terbaik yang saya tahu. Dia akan menumpuk piring Anda dengan makanan, melihat Anda makan, dan kemudian meminta Anda memberi tahu dia apakah Anda menyukainya atau tidak. Untungnya untuk semua orang, Anda selalu melakukannya!

Gairah untuk makanan ini melewati ibu saya, melewati kakak perempuan saya, dan mendarat tepat pada saya. Karena nenek saya, saya mendapatkan kegembiraan (dan kecemasan) murni dari memasak untuk orang lain. Dia juga alasan saya tidak bisa memasak kecil-kecilan. Saya secara fisik tidak dapat memaksa diri untuk membuat kurang dari empat porsi apa pun, bahkan jika itu hanya untuk diri saya sendiri. Karena ibuku tidak suka memasak—dan itu artinya—hubunganku dengan makanan Jamaika hampir seluruhnya berkat nenekku juga.

Pada pertemuan liburan besar kami, kami akan menikmati hidangan klasik Amerika yang biasa ditambah dengan kebutuhan pokok Jamaika seperti nasi dan kacang polong, kari kambing, ayam brengsek, buntut sapi, ikan goreng, kue hitam, dan coklat kemerah-merahan. Jumlah makanan yang banyak akan sangat menakjubkan dan seiring dengan pertumbuhan keluarga, pertemuan berkembang menjadi acara seadanya dengan tanggung jawab tuan rumah yang bergilir. Nenek saya dengan senang hati “menyerahkan tongkat estafet,” seperti yang dia katakan, tetapi tetap akan memasak sesuai keinginannya.

Kalisa Martin / Resep Sederhana


Sekitar 8 tahun yang lalu, nenek saya menderita demensia dan mulai jarang memasak. Namun, pada suatu Natal, dia berniat membuat nasi dan kacang polong—bisa dibilang hidangan Jamaika paling mendasar di atas meja. Kami semua bersemangat, tetapi segera setelah kami mencium bau tajam dari beras yang dibakar, kami tahu ada masalah. Nasi dan kacang polong hangus tanpa bisa diperbaiki. Dia tercengang karena melupakannya di atas kompor, tetapi kami meyakinkannya bahwa itu bukan masalah besar. Kami mengirim sms kepada kerabat kami tentang “situasi nasi dan kacang polong” sehingga mereka tahu untuk menghindari pertanyaan yang tidak menguntungkan saat makan malam. (Akhirnya nenek saya yang bertanya, “Di mana nasi dan kacang polong??”)

Nenek saya senang dengan ingatannya dan sering kali kami bisa menertawakannya, tetapi kejadian dengan nasi dan kacang polong ini membuat saya serius. Sebelumnya, dia akan memilih apakah dia ingin memasak atau tidak, tetapi tampilan ini adalah bukti bahwa sekarang—setidaknya sebagian—di luar kendalinya. Sebanyak saya mengaitkan makanan dan memasak dengan nenek saya, saya tahu saya tidak bisa mengharapkan itu darinya selamanya. Saya tersadar bahwa terserah kepada kami generasi muda untuk melanjutkan tradisi kami di negara baru yang dibawa nenek saya. Sebagai 30-an, saya telah menjadi “dewasa” untuk sementara waktu, tetapi sampai saat ini saya tidak yakin saya telah mengambil tanggung jawab warisan kuliner kami dengan serius.

Dulu saya bersemangat untuk mencampurnya selama liburan dan bereksperimen dengan resep baru. Namun sekarang, saya diberi insentif untuk memasak hidangan klasik Jamaika yang saya makan saat tumbuh dewasa. Tidak ada resep tertulis dari nenek saya—bahkan sebelum demensia, Anda akan kesulitan mendapatkan detail pasti tentang makanan yang dia siapkan. Tapi seperti yang ibu saya katakan, di Jamaika Anda belajar banyak dengan “osmosis.” Tidak ada yang pernah mendudukkan Anda dan mengajari Anda cara membuat nasi dan kacang polong—setidaknya tidak di keluarga kami. Anda baru saja melihatnya dibuat setiap hari Minggu dan menyerap bau, suara, dan rasanya.

Jadi, apakah resep nasi dan kacang polong saya resep nenek saya? Saya yakin tidak, tapi itu membangkitkan semua yang saya suka tentang rasa Jamaika dan masakannya, dan dia menikmati memakannya. Dan akankah anak-anak saya dan anak-anak saya mengharapkan nasi dan kacang polong di makan malam liburan mereka (semoga besar) juga? Aku akan memastikannya.

Kalisa Martin / Resep Sederhana


Apa itu Beras dan Kacang Jamaika?

Dalam lauk tradisional Jamaika ini, kacang dan nasi dimasak dalam kaldu beraroma dengan santan, daun bawang, thyme, scotch bonnet pepper, dan bumbu dan rempah-rempah klasik Jamaika lainnya. Secara tradisional, santan dari kelapa parut segar digunakan, tetapi santan tanpa pemanis kalengan bisa menjadi pengganti yang baik.

Apakah yang Anda maksud: kacang

Ya, yang kami maksud dengan “kacang polong” adalah kacang—khususnya kacang merah atau kacang polong (juga dikenal sebagai kacang polong). Keluarga saya lebih suka kacang merah yang lebih populer dan itulah yang dibutuhkan oleh resep ini.

Merendam kacang Anda semalaman membantu mereka memasak lebih cepat tetapi itu tidak mutlak diperlukan. Jika Anda melewatkan langkah ini, berharap untuk memasak kacang Anda lebih lama. Meskipun melewatkan berendam adalah jalan pintas yang dapat diterima, kacang kalengan tidak! Dimulai dengan kacang kering memastikan bahwa Anda akan mendapatkan warna, rasa, dan tekstur yang penting untuk hidangan ini.

Kalisa Martin / Resep Sederhana


Beras Terbaik untuk Beras Jamaika dan Kacang Polong

Nasi favorit saya untuk hidangan ini adalah nasi melati. Anda dapat menukar beras gandum panjang lain pilihan Anda, tetapi perlu diingat bahwa jumlah cairan yang Anda gunakan, dan waktu memasak, mungkin perlu disesuaikan.

Cara Menyajikan Nasi dan Kacang Jamaika

Nasi dan kacang polong adalah lauk lezat yang cocok dengan hampir semua makanan gurih yang dapat Anda bayangkan. Seperti kebanyakan hidangan nasi, ini adalah dasar yang bagus untuk menyerap saus atau saus. Di sisi lain, versi ini sangat beraroma sehingga dapat berdiri sendiri di samping protein atau sayuran apa pun di piring Anda.

Kalisa Martin / Resep Sederhana


Comments

Popular posts from this blog

Resep Brownies Coklat Fudgy

Pisang Frittata

Resep Kacang Koboi