Tamagoyaki

 Ketika saya menghabiskan satu bulan di Jepang pasca-perguruan tinggi, saya benar-benar terobsesi dengan makan siang kotak bento. Tamago sushi adalah lauk yang umum ditemukan di dalamnya. Telur gulung yang sedikit manis, kaya, dan lembut ini, diiris untuk memperlihatkan pusaran indah di dalamnya, ditempatkan di atas nasi sushi persegi panjang dan dibungkus dengan potongan nori.

Bertahun-tahun kemudian, saya belajar membuat telur dadar telur Jepang yang sama, yang disebut tamagoyaki, tanpa nasi dan nori. Meskipun saya bukan ahli dalam masakan Jepang, saya mulai membuatnya di rumah dan saya di sini untuk berbagi apa yang telah saya pelajari dengan Anda! 

Tamagoyaki adalah sarapan yang mudah atau lauk yang enak untuk makan siang atau makan malam. Yang terbaik dari semuanya, sisa makanannya luar biasa, dingin dari lemari es atau dihangatkan di microwave. Itu sebabnya saya selalu membuat ekstra.


Tamagoyaki Potong-potong di Piring dengan Sumpit
Irvin Lin / Resep Sederhana

Apa itu Tamagoyaki?

Tamagoyaki adalah telur dadar gulung, sedikit dimaniskan dengan gula dan dibumbui dengan kecap, mirin, dan dashi. Tamago berarti "telur" dan yaki berarti "panggangan" dalam bahasa Jepang. 

Ada banyak variasi tamagoyaki di Jepang tergantung pada daerahnya. Beberapa hanya membumbuinya dengan garam, kecap, dan gula. Yang lain menambahkan kaldu mirin dan dashi . Beberapa menambahkan isian seperti rumput laut, salmon, atau keju.

Resep ini untuk dashimaki tamagoyaki, yang memiliki mirin dan dashi, kaldu kaya umami yang dibuat dengan serpihan kombu dan bonito. Saya curang dan menggunakan bubuk dashi instan yang disebut Hondashi. Ini tidak serumit atau dalam rasa seperti kaldu dashi tradisional, tapi tidak apa-apa untuk resep ini. Temukan di toko bahan makanan Jepang, pasar Asia yang lengkap, atau online . 

Apakah Saya Membutuhkan Panci Khusus?

Di Jepang, tamagoyaki dibuat begitu sering sehingga digunakan panci khusus yang disebut tamagoyaki kotobuki . Ini adalah panci persegi panjang dengan sisi melengkung, yang membuat membalik, menggulung, dan menggeser telur lebih mudah.

Sejujurnya, Anda tidak perlu tamagoyaki kotobuki. Wajan antilengket kecil apa pun bisa digunakan. Tetapi jika Anda jatuh cinta dengan tamagoyaki dan ingin sering membuatnya, Anda dapat dengan mudah menemukannya seharga $15 hingga $20.

Menjadi Coklat atau Tidak Menjadi Coklat

Bagi saya, tamagoyaki yang ideal berwarna kuning merata, tidak kecokelatan, dan dengan tekstur custard yang creamy. Beberapa orang akan membuatnya sedikit kecoklatan, yang menonjolkan pusaran di dalamnya. Ingatlah bahwa pencoklatan menciptakan tekstur yang kurang halus, tetapi itu adalah preferensi pribadi Anda!

Dalam “ Menguasai Seni Memasak Rumah Jepang ,” chef terkenal Masaharu Morimoto, Chef Besi sendiri, sedikit menghitamkan tamagoyakinya. Sulit untuk berdebat dengan Chef Morimoto!

Tamagoyaki di Talenan dengan Pisau
Irvin Lin / Resep Sederhana

Hal yang Saya Pelajari Tentang Membuat Tamagoyaki  

Membuat tamagoyaki tidak sulit, tetapi perlu latihan untuk menggulungnya dengan sempurna. Kabar baiknya adalah semakin banyak Anda membuatnya, semakin mudah mendapatkannya. Berikut adalah beberapa hal yang saya pelajari: 

  • Masak telur secara perlahan dengan api sedang-rendah hingga rendah agar tidak terlalu gelap dan teksturnya tetap custard. Sedikit kesabaran berjalan jauh.
  • Gulingkan telur selagi masih agak kurang matang di atasnya . Mulai bergulir terlalu dini? Mereka terlalu halus dan akan robek. Terlambat dan mereka akan menjadi kecokelatan dan kaku.
  • Jangan stres jika gulungan pertama robek, berkerut, atau terbalik dengan aneh . Sulit karena tidak ada cukup adonan telur untuk dibalik. Terus bergulir—pada lapisan kedua atau ketiga itu akan berhasil.
  • Gunakan spatula ikan atau pancake tipis. Secara tradisional, koki Jepang menggunakan sumpit, karena tentu saja mereka melakukannya! Tetapi jika Anda tidak mahir menggunakannya—ujung runcingnya bisa merobek atau membalik telur secara tidak merata—mulai dengan spatula dan beralih ke sumpit setelah Anda berlatih lebih banyak. Atau tidak. Ini panggilan Anda.
  • Adonan telur mungkin terasa terlalu tipis dan lembut. Kurangi kaldu dashi menjadi hanya 2 atau 3 sendok makan, bukan 1/4 cangkir. Tamagoyakinya kurang pulen, tapi tidak apa-apa. Setelah Anda mendapatkan lebih banyak latihan, Anda dapat menambahkan hingga 6 sendok makan kaldu dashi untuk tekstur yang lebih lembut dan rasa umami yang lebih besar.
  • Ini tidak tradisional, tetapi saya menambahkan garam dan gula saat saya mengocok telur untuk membantu memadukannya lebih menyeluruh . 
  • Saat mengocok telur, buat gelembung sesedikit mungkin agar adonan tetap seragam dan halus—Anda tidak ingin telur mengembang atau berbuih. Saya menggunakan garpu untuk memindahkan campuran ke depan dan ke belakang, bukan ke atas dan ke bawah. Pecahkan gelembung besar apa pun dengan garpu.
  • Tip terakhir : Untuk tamagoyaki yang kuning dan halus secara merata, tuangkan adonan telur ke dalam wajan melalui saringan mesh halus. Ini akan menampung sekitar satu sendok makan putih telur yang tidak dimasukkan ke dalam adonan, yang bisa Anda buang.

Comments

Popular posts from this blog

Resep Kacang Koboi

Salara (Gulungan Kelapa Guyana)

Resep Ayam Rebus Bir dan Bawang